Android Studio 2.0 Stable Release

Hai para android developer, ada kabar bagus nih. Android Studio 2.0 sudah release stable channel lho. Penasaran kan apa saja fitur terbaru dari Android Studio 2.0 ini, yang menurut kabarnya akan lebih ringan dan cepat.

Beberapa hari lalu tepatnya 7 April 2016 Android Team telah merilis Android Studio versi 2.0 Stable channel. Dalam blog mereka, Jamal Eason selaku Product Manager Android mengatakan bahwa Android Studio 2.0 merupakan cara tercepat untuk membangun kualitas tinggi dan performa aplikasi android meliputi smartphone, tablet, Android Auto, Android Wear dan Android TV. Sebagai IDE resmi dari Google, Android Studio memiliki segala yang kamu butuhkan dalam membangun sebuah aplikasi termasuk code editor, code analysis tools, emulator dan lainnya.

Fitur apa saja yang terbaru dari Android Studio 2.0 ini ?

  • Instant Run – Semua developer pasti senang dengan kecepatan dalam membangun aplikasi. Dengan fitur ini, developer tidak perlu rebuild app setiap kali ada perubahan coding pada aplikasi android yang sedang dibuat, karena dengan instant run ini Android Studio hanya akan menyisipkan penambahan fitur tersebut tanpa rebuild app.
  • Android Emulator – Emulator terbaru ini 3x lebih cepat dari emulator sebelumnya, dan dengan adanya ADB Enhancements kamu sekarang bisa melakukan push app dan data 10x lebih cepat ke emulator daripada langsung ke device. Seperti Device nyata, emulator sudah dilengkapi dengan Google Play Services, jadi kamu bisa melakukan test fungsi API secara langsung. Terakhir, emulator terbaru memiliki fitur untuk mengelola panggilan, baterai, jaringan, GPS, dan lainnya.
  • Cloud Test Lab Configuration – Tulis sekali, jalankan dimanapun berada. Memperbaiki kualitas aplikasi dengan cepat dan mudah melakukan uji coba melalui device fisik dengan jangkauan luas dalam Cloud Test Lab langsung dari Android Studio.
  • App Indexing Code Generation & Test – Membantu promosi aplikasi kamu muncul pada google search dengan cara menambahkan auto-generated URLs dengan fitur App Indexing yang ada pada Android Studio.
  • GPU Debugger Preview – Buat kamu yang sedang mengembangkan aplikasi atau game berbasis OpenGL ES, sekarang kamu bisa melihat setiap frame dan state GL dengan GPU debugger terbaru. Mendiagnosa masalah GL rendering dengan menganalisa GPU stream dari perangkat Android.
  • Intellij 15 Update – Android Studio dibangun menggunakan Intellij platform. Lihat update terakhir di sini.

Keren bukan Android Studio 2.0. Update sekarang juga yuk!

  • ada tutorial tentang pathPrefix di appindexing tidak gan? aplikasi saya
    ini yang ada di dynamic link ini (https://mnhq9.app.goo.gl/1oPo) sudah menerapkan appindexing tapi bukan
    pakai verivikasi dengan digital asset link, tapi di webmaster masih muncul error,
    terima kasih